6/26/2020

D’Marco Residence: Tips Ampuh Menabung untuk Beli Rumah

Dmarcodiamond.con, DepokHarga rumah yang kian hari kian mahal membuat siapapun kesulitan untuk memiliki rumah idaman. Tapi bukan tidak mungkin untuk meraih impian membeli rumah sendiri, apalagi jika Anda telah memiliki penghasilan tetap yang dapat diandalkan.

Memiliki rumah memang merupakan impian setiap keluarga. Dengan memiliki rumah sendiri, kehidupan keluarga akan menjadi lebih sempurna. Banyak metode yang dapat Anda gunakan untuk membeli rumah. Jika Anda memiliki dana yang cukup, Anda dapat membeli rumah secara cash, namun jarang orang yang mampu membeli rumah secara cash. Oleh karena itu, ada metode lain dalam membeli rumah yaitu melalui KPR. Namun sebelum mengambil KPR, Anda wajib menggelontorkan dana untuk membayar uang muka DP sebuah rumah. Oleh karena itu, buatlah perencanaan yang matang untuk menabung dan membayar DP rumah.

Baca Juga: 7 Tips Investasi Rumah untuk Pemula

Berapapun penghasilan tetap yang Anda miliki, dengan perencanaan keuangan yang baik suatu saat impian untuk membeli rumah akan terwujud. Oleh karena itu, D’Marco Residence ingin berbagi tips cara menabung untuk membeli rumah yang memberikan Anda inspirasi dalam merencanakan keuangan Anda. Apa saja tips yang dapat Anda ikuti? Simak selengkapnya di sini.

Susunlah Rencana Keuangan secara Detail

Setiap usaha yang baik tentu memiliki perencanaan yang baik. Begitupun dengan usaha untuk membeli rumah. Penghasilan setiap bulan entah itu dari gaji atau keuntungan usaha Anda terkadang habis hanya dalam beberapa waktu saja. Hal tersebut terjadi karena Anda tidak memiliki perencanaan keuangan. Anda dapat memulainya dengan cara mencatat setiap pemasukan secara rinci untuk mengetahui berapa total pemasukan Anda dalam satu bulan. Kemudian, berdasarkan catatan pemasukan tersebut, Anda buat daftar kebutuhan berdasarkan skala prioritas. Lalu, Anda catat setiap pengeluaran dan pembelian barang-barang kebutuhan. Pada setiap akhir bulannya, Anda dapat mencocokan daftar pengeluaran dan kebutuhan dengan catatan pengeluaran Anda. Dengan begitu, Anda dapat melihat dan mengukur setiap pengeluaran yang Anda buat.

Buatlah Rencana Cicilan

Memliki rumah secara KPR membuat Anda harus mencicil setiap bulan. Oleh karena itu, rencanakanlah cicilan Anda dan sesuaikan dengan kemampuan yang Anda miliki. Biasanya, cicilan akan lebih ringan jika DP yang dibayarkan lebih besar, begitu juga sebaliknya cicilan akan lebih berat jika DP yang dibayarkan lebih kecil. Oleh karena itu, rencanakan berapa DP yang akan Anda bayarkan dan berapa cicilan yang harus Anda keluarkan setiap bulannya. DP minimum yang ditetapkan oleh Bank Indonesia (BI) sebesar 10 persen dari total harga rumah yang akan Anda beli, namun Anda tetap dapat membayarkan DP diatas 10 persen agar cicilan lebih ringan.

Milikilah Dua Rekening yang Berbeda

Dengan membuat perencanaan dan pencatatan keuangan, Anda harus dapat memprioritaskan pengeluaran Anda dan menyisakan sekitar 20 persen dari gaji atau pengahasilan bulanan untuk menabung. Untuk itu, Anda dapat membuat dua rekening yang berbeda. Satu untuk rekening menerima gaji dan pengeluaran sehari-hari, dan satu untuk rekening tempat Anda menabung. Dengan memiliki dua rekening berbeda ini, Anda akan lebih mudah dalam mengatur pengeluaran kebutuhan sehari-hari dan niatan menabung setiap bulannya. Tidak perlu menyisihkan uang gaji dan penghasilan yang besar asalkan Anda konsisten dalam menabung.

Membuat Target Tabungan yang Tepat

Telah dijelaskan bahwa 20 persen penghasilan dan gaji dapat dialokasikan untuk menabung. Catatan yang Anda buat di awal bulan sebenarnya dapat dijadikan motivasi untuk menabung. Misalkan, dalam catatan Anda bulan ini ada pengeluaran untuk membeli baju anak sekitar Rp. 500.000. Nah, Anda dapat mencari harga baju yang murah dan berusaha untuk menggunakan anggaran tersebut seminimum mungkin. Misalnya, secara aktual dari Rp. 500.000, Anda mampu menyisakan sekitar Rp. 50.000, Sisa dari anggaran tersebut dapat Anda gunakan untuk menambah tabungan.

Belajarlah Berinvestasi

Selain melalui tabungan, Anda dapat melirik sumber penghasilan lain dari investasi. Hari ini, investasi bukanlah keistimewaan yang hanya dimiliki oleh orang-orang kaya dengan penghasilan fantastis. Dengan modal Rp. 500.000-pun, Anda sudah dapat berinvestasi. Pilihlah investasi yang menurut Anda cocok. Anda dapat memilih investasi emas, reksa dana, bahkan saham. Namun, Anda harus terus belajar mengenai investasi yang Anda pilih agar investasi Anda dapat berhasil di masa depan.

Hindari Hutang dan Cicilan yang Tidak Perlu

Cicilan bulanan biasanya akan menghabiskan penghasilan Anda, oleh karena itu sebisa mungkin hindari hutan dan cicilan bulanan. Dengan menghindari hutan dan cicilan, Anda akan lebih mudah untuk menyisihkan dana tabungan dan investasi. Tahanlah diri Anda untuk tidak mencicil barang-barang mewah yang nilainya akan menyusut seperti mobil, smartphone, dan barang elektronik lainnya. Fokuslah pada sesuatu yang nilainya akan berkembang seperti emas dan instrumen investasi lainnya.

Pola Hidup Hemat

Menerapkan pola hidup hemat adalah salah satu cara cerdas untuk menjaga penghasilan Anda. Cara hidup hemat dapat dimulai dengan membawa makanan dari rumah ke kantor. Selain lebih sehat makanan dari rumah juga lebih higienis. Dengan begitu, Anda dapat menghapus anggaran makan siang yang tidak perlu. Kemudian, Anda juga harus membatasi rencana berlibur dan berpesta bersama teman-teman sejawat.

Peganglah Komitmen dan Bersikap Disiplin

Dalam setiap usaha, komitmen dan disiplin selalu menjadi kunci keberhasilan. Ingatlah selalu, Anda ingin membeli rumah sendiri dan peganglah niat Anda sebagai pengingat dan motivasi diri. Dengan kerja keras, komitmen, dan disiplin Anda akan cepat berhasil dalam mewujudkan keinginan Anda. (ADR)