6/22/2020

D’Marco Residence: 7 Tips Investasi Rumah untuk Pemula

Dmarcodiamond.com, TangerangSeiring dengan perkembangan zaman yang serba tidak pasti, keamanan finansial menjadi salah satu urgensi yang tidak boleh ditinggalkan. Investasi adalah salah satu cara untuk mengamankan finansial Anda di masa depan. Salah satunya dengan investasi rumah. Mengapa investasi rumah? Siapapun pasti akan setuju nilai dan harga rumah akan selalu naik setiap tahunnya. Nilai adalah kegunaan yang dimiliki oleh sebuah bangunan rumah beserta tanahnya. Seperti kita ketahui bersama, ketersediaan lahan yang selalu menipis sementara berkembangnya jumlah penduduk yang tidak pernah berhenti pasti akan menjadikan nilai tanah dan hunian senantiasa meninggi tiap tahunnya. Dengan nilai yang terus meninggi, hargapun akan ikut terkerek angkanya. Sehingga dapat dipastikan investasi rumah merupakan investasi yang pasti akan mendatangkan kenaikan nilai dan harga.

Baca Juga: Alasan Mengapa Investasi Rumah di Depok Menguntungkan

Selain kenaikan nilai dan harga yang hampir alamiah itu, investasi rumah juga memiliki keuntungan lain. Seperti diketahui bersama, rumah adalah aset yang menjadi kebutuhan utama kehidupan. Namun tidak semua orang memiliki keberuntungan untuk segera mempunyai rumah, sehingga sebagian dari mereka memilih untuk menyewa. Potensi sewa inilah yang menjadi sumber keuntungan lainnya bagi Anda disamping dengan peningkatan harga rumah yang konstan.

Namun, untuk memaksimalkan keuntungan dari investasi rumah, D’Marco Residence merangkum setidaknya 7 tips investasi rumah untuk pemula. Apa saja tips yang dapat Anda lakukan agar dapat segera berinvestasi rumah? Simak selengkapnya di sini.

1.      Selalu Pertimbangkan Kondisi Keuangan Sebelum Membeli Rumah

Hal pertama yang harus Anda ingat adalah kondisi keuangan yang Anda miliki saat ini. Jangan lupa bahwa tujuan Anda membeli rumah adalah untuk berinvestasi dan menjadikan kondisi keuangan sehat karena aliran dana dialokasikan pada investasi yang akan mendatangkan keuntungan di masa depan. Sebelum memilih sebuah rumah, Anda wajib mempertimbangkan harga rumah tersebut karena akan berdampak langsung pada jumlah Down Payment (DP) yang akan dibayarkan dan berapa cicilan rutin setiap bulannya. Oleh karena itu, dengan mempertimbangkan kondisi penghasilan saat ini, jumlah cicilan ideal yang harus dibayarkan setiap bulan tidak boleh lebih dari 30 persen jumlah keseluruhan penghasilan Anda.

2.      Mempersiapkan Modal untuk DP Rumah

Jumlah Down Payment (DP) yang disetorkan akan berdampak langsung pada jumlah cicilan yang dibayarkan setiap bulannya. Semakin besar DP yang disetorkan akan semakin ringan cicilan perbulannya. Umumnya, DP yang dibayarkan untuk memulai KPR antara 10 hingga 20 persen dari harga aktual rumah. Oleh karena, persiapan modal DP menjadi sangat penting untuk memulai investasi rumah. Untuk itu Anda dapat melakukan bebrapa trik sederhana untuk mulai menabung uang muka rumah diantaranya dengan membuka tabungan khusus dan menyimpan 30 persen dari gaji ke tabungan tersebut, kemudian memulai investasi jangka panjang lainnya seperti reksadana dengan total 10 persen dari gaji.

3.      Mempertimbangkan Bantuan dari Keluarga

Keluarga merupakan salah satu figur yang dapat Anda andalkan. Daripada meminjam ke Bank, Anda dapat mengandalkan pinjaman dari keluarga atau kerabat lainnya. Hal ini selain lebih mudah karena Anda tidak terikat pada bunga Bank, juga membuat Anda dan kerabat akan lebih fleksibel dalam menentukan metode pembayaran hutang. Namun kerugian yang dapat timbul dari metode ini adalah kemungkinan Anda gagal bayar akan mengakibatkan hubungan keluarga Anda sedikit terganggu.

4.      Ingat Lokasi Rumah akan Menentukan Tingkat Keuntungan Investasi Anda

Investasi rumah akan sangat bergantung pada lokasi dan aksesibilitas rumah tersebut. Semakin strategis rumah akan semakin mudah Anda mengelolanya. Fasilitas di seputaran kawasan rumah juga akan memberikan dampak yang signifikan pada tingkat keuntungan yang diperoleh dari rumah tersebut. Salah satu lokasi rumah terbaik saat ini berada di wilayah penyangga Ibu Kota. Wilayah tersebut akan memberikan banyak keuntungan karena lokasinya yang sangat dekat dengan Ibu Kota. Salah satu wilayah penyangga yang menjadi favorit penyewa dan pembeli rumah adalah di Kota Depok. Kota tersebut selalu mengalami kenaikan harga yang tinggi dari investasi rumah setiap tahunnya, sehingga Anda dapat mulai mempertimbangkan untuk berinvestasi di wilayah ini.

5.      Lihat Kualitas Kawasan Perumahan

Selain faktor lokasi, kualitas kawasan perumahan juga akan ikut menentukan tingka keuntungan investsi rumah Anda. Pilihlah kawasan perumahan yang menawarkan fasilitas lengkap, keamanan, dan kenyamanan lingkungannya. Perhatikan apakah kawasan rumah memiliki penjagaan khusus sperti pengawasan CCTV dan sistem satu gerbang? Apakah fasilitas yang ditawarkan lengkap di tiap clusternya? Apakah faktor keindahan lingkungan dipertimbangkan oleh pengembang? Dan lain sebagainya.

6.      Siapkan Rumah Anda untuk Disewakan

Setelah Anda memiliki rumah dan mulai melalukan cicilan KPR, salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan menyewakan rumah tersebut. Anda dapat menyesuaikan biaya sewa berdasarkan fasilitas perumahan, keamanan, dan lokasi rumah yang dimiliki. Semakin baik kualitasnya maka harga sewa akan semakin tinggi dari sewa rata-rata kawasan tempat rumah berlokasi. Untuk mulai mempersiapkan rumah sewa, Anda dapat mulai mendekorasi dan melakukan furnishing rumah. Setelah disewakan, tentu pengurusan rumah akan menjadi tanggung jawab penyewa sehingga upaya Anda dalam mempercantik rumah akan terbayar setelah rumah berhasil disewakan.

7.      Siapkan Asuransi Rumah

Setelah Anda memiliki rumah dan berhasil menyewakannya, jangan lupakan resiko yang akan timbul kelak. Resiko investasi rumah dapat timbul pada keadaan force majeure seperti kebakaran, bencana, dan lain sebagainya. Salah satu cara mengelola resiko ini adalah dengan mengalihkannya pada pihak ke 3. Asuransi merupakan salah satu caranya. Dengan adanya asuransi, Anda memiliki hak klaim saat terjadi bencana atau musibah yang menimpa rumah Anda. Sehingga Anda akan lebih tenang dalam menjalani dan menikmati keuntungan investasi rumah. (ADR).