6/30/2020

D’Marco Residence: 5 Tips Memilih Cicilan KPR Rumah yang Tepat di Tahun 2020

D’marcodiamond.com, Depok – Seorang teman pernah bercerita kepada saya mengenai sulitnya membayar cicilan KPR rumah yang sedang ditempatinya bersama keluarga. Saya mendengarkannya dan menyadari satu hal, teman saya ternyata mulai mencicil tanpa perencanaan yang matang.

Tips memilih cicilan KPR memang perlu dipertimbangkan mengingat cicilan ini adalah salah satu cicilan yang wajib Anda keluarkan untk mendapatkan sebuah rumah. Rumah tentu adalah bagian penting dari kehidupan setiap keluarga. Perlu perencanaan yang matang, komitmen yang tinggi, dan niat yang gigih untuk mendapatkan sebuah rumah idaman.

Baca Juga: Rumah Murah di Depok dengan Kualitas Premium

Namun, setiap tahun harga rumah terus naik dan tak pernah turun. Hal tersebut menjadi tembok penghalang yang sulit dirobohkan bagi Anda untuk mendapatkan rumah idaman. Sehingga banyak orang yang mengambil cicilan KPR dengan tenor yang panjang. Sebelum memilih cicilan KPR, D’Marco Residence ingin berbagi tips memilih cicilan KPR yang tepat bagi Anda.

1. Pertimbangkan Spesifikasi Rumah

Sebelum Anda mulai mencicil sebuah rumah, Anda perlu mempertimbangkan spesifikasi rumah yang akan Anda cicil. Hal ini penting, karena spesifikasi rumah akan berpengaruh pada besaran cicilan rumah. Jadi, untuk apa Anda memiliki rumah dengan spesifikasi premium namun Anda tidak dapat tenang tinggal di dalamnya sebab cicilan setiap bulannya terasa begitu memberatkan.

Oleh karena itu, bijaksana dalam memilih spesifikasi rumah dengan mempertimbangan harga dan besaran cicilan adalah langkah pertama yang harus Anda ambil. Tidak peduli seberapa sederhana rumah yang Anda miliki, harga rumah akan terus naik setiap tahunnya. Bersyukurlah dengan kemampuan yang Anda miliki karena tak setiap keluarga mampu untuk memiliki rumah.

2. Cermat Menghitung Besaran Cicilan Bulanan

Memilih cicilan KPR rumah yang tepat tentu harus mempertimbangan besaran cicilan yang sesuai dengan kemampuan Anda. Disini perlu kecermatan karena ketika mengajukan KPR ke Bank atau ke lembaga keuangan lainnya, Anda akan menemukan berbagai pilihan paket KPR yang dapat diambil. Untuk itu, hitunglah secara cermat besaran cicilan KPR setiap paket dan rencanakan dana yang disiapkan setiap bulannya.

Terdapat banyak aplikasi kalkulator simulasi cicilan KPR yang dapat Anda gunakan untuk merencanakan dan menghitung secara cermat besaran dan beban cicilan KPR yang akan Anda ambil. Langkah ini sangat penting karena akan mempengaruhi beban keuangan rumah tangga ke depannya.

3. Jadikan Kondisi Keuangan Hari ini sebagai Patokan

Apabila Anda adalah seorang karyawan, maka Anda telah memiliki penghasilan tetap yang dapat diandalkan. Oleh karena itu, jangan sampai mengeluarkan 1/3 gaji untuk membayar cicilan karena kondisini ini sangat tidak sehat mengingat keadaan darurat dapat terjadi sewaktu-waktu. Apalagi jika Anda sedang memiliki beban utang lain.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda dapat mencari jenis cicilan KPR lain yang lebih ringan meskipun dengan tenor yang lebih panjang. Anda juga sebaiknya mencari sumber pemasukan lain yang dapat diandalkan. Jadikan hal tersebut sebagai salah satu motivasi bagi Anda untuk mencari sumber pendapatan baru. Dengan perencanaan yang matang, Anda dapat segera memiliki dan mengambil cicilan KPR.

4. Cermati Suku Bungan Cicilan KPR

Setiap lembaga keuangan penyedia KPR seperti bank, biasanya menawarkan suku bunga yang berbeda-beda yang berkisar antara 8 hingga 12 persen. Perbedaan ini mengacu pada suku bunga yang ditentukan oleh Bank Indonesia. Dalam menetapkan bunga KPR, bank menggunakan bunga tetap (fixed) atau bunga mengambang (floating). Bunga mengambang dapat berubah setiap saat selama jangka waktu kredit, sementara bunga tetap tidak akan berubah selama jangka waktu kredit.

Ingatlah dalam pembayaran cicilan terdapat komponen pokok dan bunga sehingga dengan mencermati suku bunga Anda akan mampu melihat besaran cicilan setiap bulannya. Bila cicilan dan bunga dirasa terlalu berat, Anda dapat memilih paket KPR lainnya yang ditawarkan oleh lembaga keuangan dan bank.

5. Pertimbangkan Pilihan Tenor dan Cicilan KPR

Setelah Anda mempertimbangkan dan mencermati segala aspek mulai dari spesifikasi rumah, besaran cicilan, kemampuan finansial hingga suku bunga, saatnya Anda untuk mempertimbangkan tenor dan cicilan KPR.

Cicilan KPR dengan tenor panjang biasanya memberikan beban cicilan yang tidak berat sehingga sangat cocok bagi Anda yang bekerja lama di sebuah perusahaan atau yang bertstatus sebaga ASN. Sementara itu, KPR dengan tenor pendek (cicilan kurng dari 10 tahun) biasanya memberikan beban cicilan yang lebih berat dan lebih cocok bagi pengusaha dan orang yang berada di level manajerial sebuah perusahaan.

Untuk itu, setelah mencermati dan mempertimbangkan setiap faktor yang akan mempengaruhi Anda dalam membayar cicilan dan beban keuangan keluarga kedepannya. D’marco Residence adalah perumahan premium dengan harga terjangkau. Selain itu, biaya pengurusan KPR dan BPHTB dengan mengambil unit di D’marco Residence akan digratiskan, sehingga lebih memudahkan Anda dalam menentukan dan mengambil pilihan KPR yang paling ideal untuk keluarga Anda. (ADR)